meja makan minimalis fungsi maksimalis menciptakan kehangatan keluarga bersama iCreate.id
desain

Meja Makan Minimalis Fungsi Maksimalis Menciptakan Kehangatan Keluarga Bersama iCreate.id

Apa yang kita ingat dari sebuah meja makan minimalis? Kenangan akan meja makan di sebuah rumah tangga tidak sama pada masing-masing keluarga. Selain itu tidak semua keluarga di Indonesia memiliki meja makan, karena mungkin kebiasaan makannya tidak menggunakan meja khusus.

Meja makan sesuai namanya, dipakai hanya saat makan bersama keluarga. Begitu juga seingat saya di masa kecil saya. Waktu sarapan dan makan malam merupakan saat bersama kedua orang tua dan saudara-saudara saya untuk berkumpul bersama. Makan siang memang tidak selalu bisa bersama-sama, karena jam pulang kantor dan sekolah yang berbeda-beda.

Meja Makan Pusat Kegiatan di Keluarga

Kami bersaudara lima orang, ayah bertugas sebagai abdi negara di militer, sedangkan ibu seorang ibu rumah tangga. Ada hal-hal yang harus kami lakukan terlebih dahulu sebelum makan bersama. Ibu menyebutnya, toto dahar, artinya menata meja sebelum mulai makan. Menata meja tersebut dimulai dari menata piring, sendok, dan gelas, membawa nasi dan lauk-pauk dari dapur, kemudian disusun rapi di meja makan.

Ayah dan ibu saya duduk masing-masing di ujung meja, berukuran kira-kira 1.00X1.60 meter. Sedangkan anak-anak di masing-masing sisi panjang. Seingat saya, ayah yang didahulukan untuk mengambil nasi dan lauk-pauk, baru menyusul ibu dan anak-anak.

Setelah selesai makan, Ibu memerintahkan agar membawa semua piring kotor ke dapur. Zaman dulu masih ada ART yang membantu mencuci piring dan merapikan meja makan kembali. Agar permukaan meja tetap awet, sudah lazim zaman dulu, meja diberi taplak kemudian dilapis plastik bening.

Sore hari atau malam sesudah makan, meja makan beralih fungsi menjadi tempat belajar dan membuat PR. Apalagi zaman dulu, kami tak punya meja belajar di tiap kamar. Selain itu sering mati lampu, maka Ayah atau kakak laki saya akan memasang petromax di tengah meja makan. Melalui satu-satunya terang di malam hari tersebut itulah kami belajar bersama. Sering juga, Ayah mendongeng dengan cerita karangan beliau yang itu-itu lagi, tapi kami sangat gembira.

Ketika remaja, meja makan juga tempat saya curhat ke Ibu, ada seseorang yang datang ke rumah, padahal saya tidak suka. Ibu bingung saya menangis tidak mau membukakan pintu, seorang teman kelas pria yang datang ke rumah tersebut.

Bila ada acara-acara tertentu, kumpul keluarga besar, Lebaran atau arisan, meja makan juga menjadi tempat untuk berdoa bersama. Di atas meja makan telah tersaji hidangan sebagai rasa syukur akan kesehatan, kebersamaan dan semoga membawa keberkahan.

Banyak cerita bisa diutarakan tentang meja makan.

meja-makan-pusat-kegiatan-keluarga
Maja Makan Pusat Kegiatan di Keluarga, sumber foto: pribadi

Meja Makan Minimalis Serbaguna untuk Keluarga Kecil

Kebiasaan mempunyai meja makan di rumah pun saya bawa ketika mempunyai rumah tangga sendiri. Hanya saja ukurannya mengecil. Cukuplah meja makan untuk berempat, ayah-ibu dan dua orang anak.

Hanya saja, mungkin karena juga berbagi peran sebagai ibu bekerja di luar rumah, saya tak terlalu rajin “toto dahar” seperti di rumah Bapak-Ibu. Masak-memasak maunya yang serba praktis saja. Tak jarang panci langsung naik ke meja, tidak dipindahkan terlebih dahulu ke piring saji.
Salah satu yang saya tak mau ribet juga, meja makan polos saja, tidak bertaplak atau dilapisi plastik.

Sama halnya meja makan di rumah Bapak-Ibu, semula tempat berkumpulnya keluarga, kemudian satu demi satu anak-anak meninggalkan rumah. Meja makan kadang sepi, kadang ramai hanya kalau keluarga besar berkumpul.

Semenjak anak-anak tidak tinggal lagi bersama kami, meja makan menjadi tempat yang dirindukan karena kenangan-kenangan yang tersimpan di sana. Walaupun demikian meja makan tetaplah menjadi pusat dari aktivitas di rumah.

Sejak adanya pandemi, kemudian semua aktivitas harus di lakukan dari rumah, meja makan seringkali alih fungsi menjadi meja tempat saya mengajar daring.
Sering juga menjadi kelas online dadakan untuk anak-anak.

the story of our dining table
Meja makan serbaguna: makan bersama, kerja, sekolah online, zoom, sumber foto: pribadi

Desain dan Bentuk Meja Makan Minimalis

“Gaya modern minimalis itu sendiri identik dengan segala sesuatu yang simpel, fungsional, dan tertata rapi”

Konsep dan gaya desain interior yang ada saat ini sangat beragam, mulai dari gaya kontemporer, klasik, modern, industrial, eco-green hingga gaya desain yang disesuaikan dengan karakter dan feel dari desainer serta pemilik rumah itu sendiri.

Konsep desain modern minimalis sekarang menjadi salah satu pilihan karena bentuknya simpel, fungsionalis, tertata rapi, dan memberi kesan luas pada ruangan. Penggunaan furnitur fungsional dan benda-benda interior, bentuk geometris, dan kombinasinya tidak lebih dari dua warna dasar.

Gaya minimalis pada desain interior pun memengaruhi bentuk desain meja makan. Seperti apa, sih, desain minimalis tersebut?

Syarat desain dan bentuk meja makan minimalis adalah sebagai berikut:

meja makan persegi empat

1 – Bentuk Meja Makan

Meja makan minimalis mempunyai bentuk geometri yang sederhana. Umumnya bentuk segiempat persegi panjang, segiempat sama sisi, bulat atau oval.
Gaya minimalis pertama dikenalkan oleh masterbuilder arsitek Mies van der Rohe yang terkenal dengan kuotenya LESS IS MORE.
Artinya hanya dengan sedikit olahan bermakna banyak. Itu sebabnya desain-desain minimalis hampir tidak ada ornamen. Bentuknya clean, bersih, hanya ada penghalusan di bagian sudut supaya tidak tajam.

material-meja-makan

2 – Material Meja Makan

Material meja makan terdiri dari dua bagian, yaitu bagian daun meja dan kaki meja. Ciri khas desain minimalis adalah simpel dan memberi kesan ringan. Oleh sebab itu kaki meja ada yang terbuat dari logam aloy maupun kayu. Material meja makan harus stabil tidak mudah goyang, perawatannya mudah dan awet.

Permukaan meja umumnya terbuat dari satu bidang rata yang mudah dibersihkan, tahan panas dan goresan benda tajam. Misalnya terbuat dari High Pressure Laminate (HPL), kaca tempered glass, atau marmer.

Bila meja makan zaman dahulu seringkali dilengkapi dengan ukiran, maka desain minimalis sama sekali tidak memakai ornamen.
Detail-detail cantik biasanya diberikan pada sambungan (joint) dan hubungan material yang berbeda.

pilihan warna meja makan

3 – Warna Meja Makan

Kelebihan desain minimalis adalah kompatibel dengan suasana ruang apapun. Itu sebabnya warna meja makan tidak mencolok, hanya menerapkan warna netral, misalnya putih, off-white, creme, abu, atau hitam untuk lapisan permukaan meja. Sedangkan kaki-kaki meja yang terbuat dari kayu, memakai warna kayu asli hanya difinish dan masih memerlihatkan detail kayunya.

14 Pilihan Meja Makan dari iCreate.id

“Temukan inspirasi rumah idaman dan dekorasi dengan harga terjangkau”

nurnberg meja makan bulat 90 cm

Teman-teman yuk kita cek ke website iCreate.id atau ke Instagramnya, ada pilihan model meja makan minimalis apa saja di sana.

Bagi yang belum tahu, iCreate.id merupakan toko furniture online yang hadir untuk menjawab kebutuhan masyarakat modern akan kemudahan berbelanja, kapanpun dan di manapun berada. Di website dan Instagramnya kita bisa menemukan inspirasi rumah idaman dan dekorasi dengan harga terjangkau. Cara pembayarannya mudah, transaksi dengan proses yang cepat dan mudah, fasilitas penukaran dan pengembalian produk, serta garansi resmi dari iCreate.id.

Semuanya ada 14 pilihan meja makan lho. Semua jenis meja-meja makan tersebut diberi nama sesuai nama kota di Jerman, negara yang sangat maju teknologinya dan terkenal dengan desain yang simple and clean. Meja-meja tersebut sebagai berikut:

  • Berlin, meja makan motif marmer.
  • Dresden, meja makan minimalis kayu, ukuran 120 cm
  • Hamburg, meja makan bulat kaca, ukuran 100 cm
  • Hamburg, meja makan bulat kayu, ukuran 100 cm
  • Hannover, meja makan kayu minimalis
  • Heidelberg, dining table
  • Munchen, meja makan bulat motif marmer, ukuran 110 cm
  • Nurnberg, meja makan bulat minimalis, ukuran 90 cm
  • Postdam, meja makan minimalis kayu 4 kursi
  • Vanda, dining table dark grey
  • Vanda, dining table white
  • Weimar, dining table
  • Koln, meja makan minimalis modern, putih, extendable. Meja makan ini bisa ditarik lebih panjang.
  • Waldenberg, meja makan extended motif marmer. Meja makan ini pun bisa ditarik dipanjangkan

Kelebihan Desain Meja Makan di iCreate.id

Tak salah lagi, bila kita akan membeli produk meja makan di iCreate.id ada beberapa kelebihannya, yaitu:

7 kelebihan meja makan minimalis icreate.id

1 – Memenuhi desain minimalis

Desain meja-meja makan di iCreate.id semua minimalis dan unik. Kaki-kaki mejanya silakan pilih ada yang terdiri dari tiga kaki, empat kaki, bahkan susunan kaki yang bersilangan tapi tetap kokoh.
Daun meja terbuat dari material yang ringan tapi permukaannya rata.

2 – Tersedia dalam berbagai model dan ukuran

Bentuk daun meja ada yang lingkaran, oval, empat persegi panjang, maupun persegi sama sisi. Pilihan ukurannya diameter 90 cm, ukuran 80 X 80 cm, ukuran 80 X 140 cm, hingga meja yang dapat dipanjangkan dari ukuran panjang 120 cm menjadi 200 cm.

3 – Pilihan material sesuai interior rumah

Material daun meja (top table) silakan pilih yang paling sesuai dengan interior rumah kita. Ada yang terbuat dari kaca tempered glass yang tebal dan kuat, bening, atau motif marmer yang berkesan mewah. Adapula pilihan daun meja terbuat dari material solid wood MDF, dilapis HPL yang kuat dan tahan gores.

4 – Tersedia dalam pilihan warna netral cantik

Sesuai dengan standar minimalis, warna-warna meja makan di iCreate.id pilihan warnanya netral tapi bisa memberi kesan cantik dan elegan. Beberapa model bahkan diberi sentuhan tekstur, mirip aslinya.

5 – Bisa memilih sendiri kursi yang sesuai

Teman-teman bisa lho kita memilh model dan warna kursi yang sesuai untuk meja makan. Beberapa contoh produk, memang sudah didesain menjadi satu kesatuan dengan padanannya. Misalnya meja makan warna putih, boleh-boleh saja memilih kursi warna hitam.

6 – Diskon hingga 44%

Coba cek nih teman-teman, diskon meja makan di iCreate.id bisa sampai 44% lho.
Contohnya Weimar Dining Table
Spesifikasi:
DImensi
140 cm x 80 cm x 76 cm
Material
MDF + Gold color painting steel rib legs
Dari harga Rp 2.999.000,- turun hingga Rp 1.679.000,-
Sip…bungkus yah…

7 – Bisa dengan sistem cicilan

Engga perlu khawatir temans. Sistem pembayaran di iCreate.id bisa dengan sistem cicilan.
Contohnya Weimar Dining Table tadi, bisa dengan CICILAN 0% mulai dari Rp 139,917/bulan.

Sip…lagi…

Rekomendasi Meja Makan Minimalis di iCreate.id

Teman-teman, bingung pilih yang mana dari 14 pilihan meja makan? Mau kan saya rekomendasikan meja makan minimalis dari iCreate.id

meja makan heidelberg 70cm

1 – Heidelberg Dining Table

Meja makan ini top table terbuat dari MDF dan kaki mejanya Solid beech wood, dengan bentuk lingkaran. Cocok banget buat kalian yang masih ngekos atau di apartemen, karena dimensinya minimalis banget, diameter 70 cm, tinggi 72 cm. Bedanya dengan meja lain yang kakinya empat, Heidelberg, berkaki tiga, lebih simple lagi deh.

Bagi kalian freelancer, pengajar atau mahasiswa, bisa alih fungsi nih, meja makan jadi meja untuk webinar atau zoom. Jangan khawatir, desainnya kokoh, kok.

meja makan sambil kerja
meja makan postdam untuk 4 kursi

2 – Postdam Meja Makan 4-Kursi

Meja makan ini cocok buat keluarga, bentuknya persegi, bisa duduk berempat. Kehangatan keluarga tercipta dengan makan bersama pada setiap kesempatan.

Daun mejanya terbuat dari MDF warna dan motif kayu dan kakinya dilapisi kayu beech.
Ukuran meja 80 X 140 cm, tinggi 75 cm. Kursinya mau seperti apa? Bisa sesuai dengan foto, atau pilih sendiri di toko furniture online iCreate.id, ya…

Kalian bisa cek salah satu marketplace, diskonnya sampai 67%, lho…

meja makan bisa dipanjangkan

3 – Koln Meja Makan Extendable

Meja makan ini pas banget untuk kalian yang punya keluarga besar. Bila diperlukan meja yang semula berukuran panjang 160 cm, bisa dipanjangkan hingga 200 cm. Lebar 90 cm, tinggi 76 cm.
Warnanya putih, tengahnya (bila dipanjangkan) ada motif kayu. Kaki meja hanya diujung-ujung desainnya kokoh. Kamu engga akan kesandung, deh.

meja makan keluarga

Belanja Furniture Online di iCreate.id

langkah belanja di iCreate.id

Nah, desain meja makan sudah dipilih secara daring, saatnya belanja furniture online.
Berikut langkah-langkah belanja furniture online di iCreate.id:

  1. Buat akun melalui website di laptop atau ponsel
  2. Pilih produk
    a.Dekorasi, pilihan: Vas, Cermin, Lukisan, Lilin, Bunga, Frame, Jam
    b.Kursi, pilihan: Kursi berlengan, Kursi makan, Kursi kerja, Kursi santai, Bangku
    c.Linen, pilihan: Bantal sofa, Bantal kursi, Bed cover set, Handuk, Karpet
    d.Meja, pilihan: Meja makan, Meja tamu, Meja kerja, Meja samping, Meja TV
    e.Penyimpanan, pilihan: Lemari pakaian, Lemari kabinet, Rak, Lemari berkas
    f.Sofa, Sofa 1 dudukan, Sofa 2 dudukan, Sofa 3 dudukan, Sofa L, Sofa bed
  3. Klik pilihan yang sesuai. Sebelumnya pastikan pas dengan ukuran ruangan. Perhatikan juga warna dan material furniture. Klik kotak “Lebih Lanjut” dan “Add to chart”.
  4. Produk-produk pilihan kita akan ada di Keranjang Belanja.
  5. Isi alamat (shipping address): Nama, email, no telepon, alamat rumah, propinsi, kota, dan kecamatan. Khusus untuk Pulau Jawa dan Bali, GRATIS biaya kirim dan instalasi.
  6. Pilih metode pembayaran. Ada kartu kredit, cicilan 0% kartu kredit, Mandiri, BCA, BNI, BRI, CIMB Niaga, ATM Berlogo ATM Bersama-Prima-Alto

Penutup

Nah, teman-teman, itulah review meja makan minimalis fungsi maksimalis di iCreate.id. Cara mendapatkannya mudah dengan berbelanja secara online.
Saya tidak bosan-bosan cek website dan instagram iCreate.id tersebut. Selalu ada tawaran dan pilihan baru yang saling melengkapi untuk seluruh-seluruh produknya.

Jadi tidak masalah, misalnya kalian sekarang membeli meja makan terlebih dahulu, nanti menyusul produk berikutnya. Kita bisa juga kok konsultasi tentang desain dengan pakar-pakar di iCreate.id. Gaya minimalis hampir di semua desain iCreate.id akan cocok untuk tata letak maupun olahan ruang di mana saja.

Cek website iCreate.id
Email hello@iCreate.id
Marketplace:
tokopedia.com, lazada.co.id, shopee.co.id, blibli.com
Showroom:
The Icon Business Park Blok A no. 3, Bumi Serpong Damai Tangerang Selatan
Mendrisio 3D No. 5 Paramount Gading Serpong
Jam operasional Senin – Minggu, 09:00-19:00

Sumber:
Website iCreate.id
Instagram iCreate.id

Sumber foto:
Pribadi
iCreate.id
Freepik
Pexels

17 Komentar

  • Bambang Irwanto

    Ini meja makannya keren sekali ya, Mbak. Minimalis, tidak membutuhkan ruang besar, tapi tetap multifungsi. Cocok untuk rumah mungil saya di Jakarta nih. Kerennya lagi, ini ada sistem cicilan, dan diskon sampai 44 %. Boleh nih, Mbak. Saya meluncur cek-cek ke websitenya

  • Fenni Bungsu

    Yang minimalis seperti ini memang keren, karena desainnya apik dengan fungsi yang bagus. Sehingga bagian rumah pun jadi elegan dengan meja makan minimalis ini

    • Eri Udiyawati

      Buat keluarga kecilku, Insya Allah nanti juga pengennya meja makan minimalis. Selain itu designnya bagus banget dan keren abis. Cukup untuk keluarga kecil dg rumah minimalis juga. Ya, itu impianku.

  • Triani Retno

    Eh, ternyata sama ya. Orangtuaku juga dulunya militer :))
    Btw, meja makan minimalis icreate ini bener-bener membuatku terpesona. Aku udah lihat-lihat di webnya juga. Ya ampuuuun….cantik-cantik banget modelnya. Mana gratis ongkir pula ya kalo ke Bandung. Duh duh, menggoda banget.

  • Fionaz Isza

    Bener banget kak, meja makan tuh tempat mempererat keluarga. Karena fungsinya bukan cuma buat makan aja, kita bisa ngobrol santai juga disana

  • Dian

    duh furniture minimalis memang cantik ya mbak
    aku suka banget desain minimalis gini
    meja makan nya bikin betah makan bareng ya

  • Lidya

    Aku suka meja makan yang mungil sesuai dengan rumahnya, akhirnya beli yang 2 kursi. Nah di icreate banyak ya model meja makan minimalis & bisa diorder online juga

  • Rudi G. Aswanr

    Produk dari iCreate bagus bagus ya Mbak. Cocok banget itu meja makan minimalis buat kerja pakai laptop. Ditaruh pinggir jendela sambil menatap ke luar rumah, asyiiik. Pagi-pagi sambil ngopi. Materialnya terjamin dan pilihan warnanya kalem,cocok banget buat desain minimalis rumah masa kini. Mupeng beneran 🙂

    • Narasi Nia

      Akhir-akhir ini lagi suka banget home and decor. Apalagi sejak pandemi, kebanyakan waktu di rumah.

      Ya udah, bereksperimen aja. Syuku-syukur bisa bisa beli perabotan baru. Kan lumayan rumah makin cantik

  • DailyRella

    iiii lucunyaaa, bagus-bagus banget meja makan minimalis dari icreate ini… modelnya kekinian ya.
    saya masih PR punya meja makan lucu, soalnya rumah sempit sementara anggota keluarga ada 5 hehehe… yang minimalis gini rasanya cocok buat rumah kami yg minimalis juga.

  • Siska Dwyta

    Yup banyak kenangan manis di meja makan. Bte bentuk meja makan sekarang ini lebih modern dan minimalis ya. Mupeng saya liat model2 meja makan minimalis dari icreate

  • Gemaulani

    Baru tahu ada icreate, makasih infonya mba, duh aku terpincut dengan desain meja makannya yang minimalis, enggak akan makan tempat kayak yang sekarang ada di rumah, mau kepo-kepo dulu ah ke situsnya, mau nandain buat rumah masa depan bersama someone.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *