desain

Menciptakan Pojok Kerja Di Rumah

Akhir-akhir ini bekerja di rumah atau home-office mulai populer di masyarakat. Hal ini bukan hanya karena sebagian dari kita cenderung membawa pulang pekerjaan bersama kita, tetapi karena teknologi memungkinkan orang bekerja dari rumah. Bekerja dari rumah memungkinkan orang lebih fleksibel dan dalam banyak kasus lebih nyaman. Jika home-office kita tidak diatur dengan benar, ini dapat menyebabkan kekacauan, stres, dan produktivitas yang kurang.

Beberapa perusahaan bahkan memberi peluang pada karyawan untuk bekerja secara on line. Sering kali, karyawan jarak jauh tersebut tidak memiliki ruang ekstra untuk membuat kantor fungsional dan kemudian mereka harus memilih kamar tidur. Seharusnya hal ini tidak menjadi masalah. Jika di rumah mungkin di bawah tangga atau ruang tamu ada satu sudut kecil, maka dengan sedikit imajinasi area tersebut dapat dirancang untuk bekerja dengan biaya murah.

Temukan Ruangnya

Amati rumah Anda, cari pojok ruang yang kurang dimanfaatkan dan gunakan kreativitas dan rancangan desain dan jadikan itu sebagai pojok kerja. Pastikan Anda memilih kamar yang paling sedikit mendapat gangguan dari anggota keluarga lainnya, apakah itu di dapur, ruang tamu, atau kamar keluarga. Jika memungkinkan cobalah menemukan sudut di dekat jendela untuk memastikan mendapatkan cahaya alami saat melakukan pekerjaan di siang hari. Tempat-tempat yang mungkin tidak pernah berpikir seperti di bawah tangga, ruang di bawah bordes tangga atau bahkan lemari pakaian besar, mungkin bisa diubah menjadi ruang kantor yang fungsional.

Mudah Dilipat

pojok kerja
pojok kerja sambil bersila

Dua hal penting yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan adalah meja dan tempat duduk. Tergantung kebiasaan, bisa saja tempat duduk tersebut berupa kursi, stool, bahkan duduk bersila di bawah. Setelah Anda menemukan sudut kecil yang sempurna, sebuah meja lipat kecil dapat membuat kita siap dalam waktu singkat. Sudut kantor kecil kita tidak akan menempati ruangan sepanjang hari. Lipat meja ke arah dinding saat tidak digunakan. Rak gantung dapat dipasang di atas untuk menyimpan alat tulis atau bahkan laptop. Lemari untuk menyimpan file dan gadget dapat dipasang juga. Bahkan meja kerja bisa saja, sebetulnya adalah sebuah permukaan peti.

Bebas dari Printilan

pojok kerja
pojok simpel

Segala hal yang tidak ada kaitannya dengan pekerjaan sebaiknya tidak ditempatkan di pojok kerja kita. Printilan, tetek-bengek yang memberi kesan kumuh sebaiknya dibersihkan berkala, agar area kerja terasa lapang. Beri cat dengan warna terang bisa jadi meningkatkan produktivitas kerja kita.

Penerangan yang Tepat

Jika area pojok kita jauh dari jendela, mau tidak mau kita membutuhkan lampu untuk penerangannya. Pilih lampu halogen atau LED yang menyediakan banyak cahaya, tapi juga tidak menyilaukan mata. Jika area di atas meja tidak cukup, lampu dapat dipasang di bawah rak atau digantung dan diarahkan dengan sudut yang tepat. Selain itu penerangan ruangan secara keseluruhan juga harus cukup, bukan hanya di meja kerja saja.

Bersihkan Berkala

Jangan biarkan “kantor” pojok Anda berantakan dengan pena dan kertas yang tergeletak. Luangkan waktu di akhir setiap minggu untuk menyimpan artikel-artikel itu atau melalui catatan tempel yang sudah kadaluwarsa. Dengan cara ini, ketika awal minggu berikutnya, pojok kerja kita sudah rapi kembali.

Mengubah ruang sempit menjadi sudut untuk kerja merupakan tantangan. Kesederhanaan adalah kuncinya, umumnya hanya menggunakan alat dan furnitur agar berfungsi lebih baik. Seiring berjalannya waktu, penyesuaian-penyesuaian dapat sesekali dilakukan.

Menciptakan ruang kerja dalam ruang yang kompak memiliki beberapa tantangan ekstra. Kita hanya perlu menjaga hal-hal sederhana dan menghilangkan sebanyak mungkin barang agar bisa bekerja dengan furnitur seadanya untuk tetap produktif. Tidak peduli seberapa kecil pojok kerja kita, yang penting kita tetap produktif, bukan. [twh]

33 Komentar

  • Ulfah Wahyu

    Saya juga baru mau membuat ruang yang nyaman buat nulis, di pojok ruang tengah lantai 2 . Wah pas banget ini baca artikel ini. Tidak harus luas, tetapi bisa memgakomodir semua kebutuhan kita, dan yang penting nyaman serta bersih ya Mbak.

    • hani

      Bener. Yang penting nyaman. Saya masih pindah-pindah nih kerjanya. Kadang di pojokan. Kadang di meja makan…hehe

      • Anang Arnowo

        Sudah lama pengin punya tempat kerja sendiri di rumah, tetapi sampai sekarang belum terlaksana. Sudah terpikir sih beli meja lipat, tapi belum juga dieksekusi.

        Mungkin saya memang butuh motivasi seperti artikel ini. Thanks.

        • Aini

          Meja kerjaku di rumah karena fulltime writer. Kadang galau sih salah tempat duduk. Secara ergonomis, lebih baik di kursi. Secara kenyamanan, lebih enak duduk bersila, kadang suka ketiduran saking nyamannya huffttt

    • Endah

      Meja kerja yang bersih emang bikin semangat menulis jadi makin makin besar sih. Akibatnya tentu aja meningkatnya produktivitas. Saya juga selalu berusaha menjaga meja kerja agar tetap bersih dan bikin betah walau harus duduk seharian

  • Nurul Fitri Fatkhani

    Saya juga punya pojok khusus untuk kerja, Bun.
    Dibikinin rak buku sama suami, meja kerjanya disimpan di pojokan dekat jendela.. Jadi lebih terang saat kerja, bisa lihat keluar jendela juga kalau ingin mengistirahatkan mata.

    Eh, lihat meja lipatnya lucu juga ya..simpel dan gak ngehabisin ruang, tinggal lipat ke dinding

    • hani

      Weeez…keren ihh teh Nurul. Suaminya bageur. Iya…bagus tuh. Memang katanya, setiap 30 menit kita harus mengistirahatkan mata, lihat keluar atau lihat yang jauh. Keren…sip

      • Fadli Hafizulhaq

        Jadi pengen punya pojokan buat kerja juga. Sebab biasanya kalau di rumah kerjanya gak di pojokan, tadi depan pintu, di pinggir dinding tempat biasa lalu lalang. Jadinya sering diminta geser pas orang lagi sibuk-sibuknya bolak balik sana-sini. Btw, trims infonya mbak

      • Catcilku

        Sampai saat ini belum terpikir untuk membuat pojok kerja di rumah. Karena maunya kalau sudah di rumah tidak ada pekerjaan. Entah nanti, kalau sudah full kerja di rumah ya. Sepertinya di bawah tangga bisa jadi pilihan untuk dimanfaatkan😁

    • Sapti nurul hidayati

      Wah, selama ini saya ruang kerjanya ga spesifik. Bisa di mana-mana. Kadang di ruang keluarga sambil lihat tv. Tapi kl punya ruang kerja yg seperti ini bisa jadi produktivitas lebih meningkat ya… Bisa dicoba jg nih..

  • Erny Kusuma

    Kalau punya space khusus buat nulis dipojokan mnyrutku jadi leluasa pandangan ya mb. Itu mengganggu gk sih? Eh tp tergantung kita ya, wkwk…meja lipatnya keren mba…

  • Dian Restu Agustina

    Beberapa waktu terakhir ini aku sudah punya pojok kerja sendiri Mbak, meski nympil tapi bikin hepi. Dulunya pindah-pindah dari ruang makan ke ruang tamu. Atau dari meja kerja suami ke meja belajar anak-anakku huhuhu. ternyata banyak ide pojok kerja ya. Bisa nih diadopsi idenya.

  • Nur Kholis

    Semoga saja ditempatku bekerja bisa menerapkan system’ kerja online.

    Karena kebetulan tempat aku kerja banyak yang dilakukan via online. Hanya dengan smartphone, semua pekerjaan bisa terhandle.

    Namun kekurangannya jika kerja online, relasi ataupun komunikasi ke partner kerja kurang begitu greget si. Tapi ya bisa juga disiasati dengan hangeout sebulan 2x atau lebih, biar energi kerja ttp stabil.

  • arigetas

    Temukan Ruangnya DAN Bebas Printilan ==> kunci bagi aku buat membangun pojok kerja di rumah.
    Dan ya beneran aku bikin di kamar paling belakang dan pojokan (sesuai banget ama tulisan ini hahaha).

    Tujuanku sih supaya krucil2 kedua anakku tidak wara wiri ke pojok kerja., 🙂

  • COBAGEH.COM

    Sudah sejak lama sekali, tepatnya semenjak mulai belajar ngeblog pingin mempunyai ruang sendiri, sempat juga kepikiran mau buat meja lipat yang ditempel ke dinding sepetinya akan menghemat ruangan juga. semoga tahun depan bisa terlaksana buat meja kerja seperti itu. memanfaatkan pojok rumah.

  • Bang Doel

    Duh enak banget itu yang posisinya deket jendela. Udah mah pojokan, tapi cahayanya kalo siang masih banyak. Jadi gak perlu penerangan dari LED atau halogen kalo siang hari. Inspiratif buat rumah saya yang sempit, jadi bisa manfaatin pojokan 🙂

  • ZEEVORTE

    wah aku suka banget ini memiliki interior kamar dan rumah yang minimalis apalagi serba unik.. pengen rasanya ruang kerja kamarku hanya dihiasi seperti gambar di atas 😀

  • Ilham Sadli

    untuk soal pojok kerja, aku merasa memang hal ini penting. Karena ketika sudah berada di meja kerja semuanya menjadi benar-benar ada di dunia sendiri. Dengan kebiasaan, imajinasi hingga kadang menjadi tempat ternyaman untuk menyendiri

  • Putu Sukartini

    Impian banget ini punya pojok kerja sendiri di rumah. Selama ini aku mojok dimana-mana. Meja makan, depan TV, dalam kamar dll. Ini tampilan meja kerjanya bikin mupeng berat deh semuanya huhuhu

  • Susindra

    Pojok kerja gini, tak berlaku jika punya anak bayi yang suka merangkak atau merayap. Hihihihi.
    Diobrak-abrik semua. Tapi kan ga semua punya anak bayi, ya….
    Pilihan-pilihan idenya bagus. Bisa pesan ke saya, lho. Xixixixi

  • andrian

    efisien sekali ya meja kerja bisa dilipat lipat, sangat berguna sekali jika kita mempunyai ruangan namun tidak ada tempat untuk menaruh meja kerja, alat seperti ini harus segera di beli hehee

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *