Mengenal Mobile Banking, Fasilitas Yang Harus Dimiliki Di Era Digital

Mengenal mobile banking (mBanking) adalah fasilitas yang memungkinkan nasabah melakukan transaksi online. Fasilitas online ini hanya dapat digunakan di smartphone.
Melalui mobile banking atau mBanking, nasabah bisa melakukan berbagai transaksi keuangan layaknya transaksi di ATM. Mulai dari transfer, isi pulsa, token listrik, hingga lainnya. Jadi, nasabah bisa melakukan pembayaran penting di mana dan kapan saja.
Setelah mengetahui apa itu mobile banking, nasabah mungkin paham bahwa fungsi aplikasi ini sangat berguna dalam transaksi keuangan.

Nasabah tidak perlu repot-repot lagi keluar rumah buat ke ATM atau ke bank untuk menyelesaikan transaksi keuangan, seperti berbelanja, transfer uang, hingga bayar kebutuhan hidup.

Adapun beberapa fungsi lain mBanking, yaitu:

  • Memungkinkan nasabah melakukan pengecekan saldo dan riwayat transaksi perbankan.
  • Melakukan pembayaran transaksi keuangan dari orang ke orang.
  • Menyediakan informasi letak ATM atau kantor cabang bank terdekat.
  • Memberikan laporan dan ringkasan aktivitas keuangan sesuai dengan permintaan nasabah.
  • Memberikan pemberitahuan tentang aktivitas penggunaan transaksi keuangan.
  • Memberikan layanan pembayaran tagihan secara elektronik, misalnya bayar listrik, bayar paket internet, TV kabel, dan layanan lainnya.

mBanking memiliki beragam fitur atau layanan perbankan yang bisa dinikmati nasabahnya. Artinya, mobile banking benar-benar seperti fasilitas mesin ATM dalam versi yang lebih praktis.
Biasanya fitur mBanking tiap-tiap bank berbeda. Namun, secara umum memiliki kesamaan, sama-sama ada fitur transaksi transfer uang.

Berikut ini beberapa fitur yang bisa dinikmati di sebagian besar aplikasi mBanking.

  • Layanan transfer antarbank.
  • Layanan pembayaran tagihan kartu kredit.
  • Layanan pembayaran kebutuhan rumah, seperti listrik, PDAM, hingga internet.
  • Layanan pembayaran premi BPJS Kesehatan dan asuransi swasta lainnya.
  • Layanan pembelian dan top up dompet digital, seperti OVO, Gopay, hingga LinkAja.
  • Layanan pembayaran pajak.
  • Layanan investasi seperti deposito.
  • Layanan administrasi perbankan, seperti cetak rekening koran, penggantian PIN ATM, layanan lainnya.

Penutup

Salah satu bank yang telah memiliki fasilitas mobile banking adalah bank BRI. Fasilitas BRI mobile banking akan memudahkan para nasabah bank BRI melakukan berbagai macam transaski dengan smartphone atau gadgetnya. Nasabah dapat melakukan transaksi dimanapun dan kapanpun melalui aplikasi mobile banking. Fasilitas ini juga gratis alias tidak berbayar, nasabah hanya perlu download aplikasi BRImo dan melakukan registrasi serta mengaktifkannya saja. Untuk tahap awal nasabah perlu melakukan registrasi di customer service bank.

Tinggalkan komentar