kampus

Pesan Pada Wisudawan Sekolah Tinggi Teknologi Bandung Agar Berinovasi

Pesan bahwa di masa depan generasi muda Indonesia harus berperan sebagai inovator disampaikan oleh Dr. Ing. Ilham Akbar Habibie, MBA, pada acara Wisuda Sekolah Tinggi Teknologi Bandung XIV yang diadakan di Harris Hotel & Conventions Hall pada hari Sabtu 11, Januari 2020.

Bapak Ilham menekankan bahwa pendidikan merupakan kunci agar bangsa kita mempunyai daya saing tinggi. Hal ini disebabkan karena ekonomi di masa mendatang mengandalkan pada inovasi-inovasi. Untuk mencapai hal ini, masyarakat terutama berusia muda perlu aktif di UKM rintisan (start-up) yang diberdayakan dengan teknologi informasi dan komunikasi. Proses inkubasi yang merupakan perusahaan rintisan itu perlu SDM unggul terutama di bidang teknologi. Selain itu mengerti dan menguasai rincian dan proses teknologi-inovasi-kewirausahaan adalah kunci untuk pengembangan negara dan bangsa di masa mendatang.

Sudah siapkah alumni Sekolah Tinggi Teknologi Bandung?

wisuda sttb
Dr. Ing. Ilham Akbar Habibie, MBA, saat diwawancara selepas memberikan orasi

Wisuda Sekolah Tinggi Teknologi Bandung XIV

Paparan Ketua STTB

Acara Wisudanya sendiri diawali dengan iringan calon wisudawan memasuki ruangan convention hall, kemudian para orang tua yang sudah dengan sabar menunggu di hall hotel. Selanjutnya prosesi Senat STTB diiringi lagu “Godeamus Igitur” dibawakan dengan syahdu oleh paduan suara STTB.

Setelah tarian-tarian selamat datang, acara dilanjutkan dengan sambutan oleh Ketua STT Bandung: Muchammad Naseer, S.Kom., M.T dan Ketua Yayasan: Dr. Dadang Hermawan.

Pada uraian sambutannya Ketua STTB bapak Muchammad Naseer, S.Kom., MT, menyampaikan serangkaian prestasi yang telah dicapai oleh STTB sejak 5 Oktober 1991. Selama 28 tahun ini sudah banyak kemajuan yang dicapai oleh STTB, diantaranya 95% dosen sudah memenuhi kualifikasi yang ditetapkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Sepuluh dosen menerima hibah PDP dan tiga dosen menerima hibah DPTN. Produk Inovasi yang telah dihasilkan oleh STTB meliputi Smart Aquarium, Virtual Reality Teraphy, Sistem Kendali Lampu, Mesin Pengupas Kopi, 3D Printer, Trash Packing Games, dan banyak lagi. Produk-produk inovasi tersebut beberapa purwa-rupa dihibahkan kepada masyarakat untuk meningkatkan perekonomian. Contohnya, mesin pengupas kopi yang dimanfaatkan oleh petani kopi, sehingga hasil panen kopi lebih berkualitas.

Wisuda STTB XIV tahun 2020 ini mewisuda sebanyak 209 wisudawan, terdiri dari 113 wisudawan dari Teknik Industri, 109 wisudawan dari Teknik Informatika, dan 26 wisudawan dari Desain Komunikasi Visual. Tahun ini merupakan pertama kalinya DKV meluluskan sarjana.

Sejumlah prestasi dari para wisudawan juga disampaikan pada saat wisuda tersebut yaitu skripsi terbaik dan wisudawan terbaik.

Skripri Terbaik Teknik Industri:

Virgiawan Candra Bhakti, ST., dengan judul: “Perancangan dan Pengembangan Hospital Transfer Bed Dengan Pendekatan Karakuri”

Indra Rukmana, ST., dengan judul: “Optimasi Produksi Dyeing Finishing Dengan Metode Integer Linear Programming”

Zaenal Uyun, ST., dengan judul: “Perbaikan Produk Meja Belajar Lipat Multifungsi Ergonomis Untuk Meningkatkan Motivasi dan Semangat Belajar Menggunakan Metode Kansei Engineering”

Wisudawan Terbaik Teknik Industri

Nama mahasiswa: Dheyu Laksmi Wulandari, ST.

Skripsi Terbaik Teknik Informatika:

Deri Hermawan, S.Kom, dengan judul: “Aplikasi 3D Virtual Reality Sebagai Media Bantu Terapi Acrophobia Berbasis Android”

Regina Sukma Citra, S.Kom, dengan judul: “Klasifikasi Ujaran Kebencian Dengan Metode Naïve Bayes Classification Di Sosial Media Facebook Berbasis WEB”

Yasti Aisyah Primianjani, S.Kom, dengan judul: “Rancang Bangun Sistem Pemutus Aliran Listrik KWH Meter Pascabayar Berbasis WEB Menggunakan Mikrokontroler”

Wisudawan Terbaik Teknik Informatika

Nama mahasiswa: Muhammad Rizal Mutaqin, S.Kom

Skripsi terbaik Desain Komunikasi Visual:

Andri Setiawan, S.Ds, dengan judul: “Perancangan Aplikasi Rencana Anggaran Biaya Membangun Rumah”

Bagus Arya Suseno, S.Ds, dengan judul: “Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Publik dan Peta Wilayah RT 07 RW 08 Baleendah Kab. Bandung”

Luthfi Alfaritzi, S.Ds, dengan judul: “Perancangan Boardgame Pengenalan Permainan Tradisional Jawa Barat Untuk Anak (usia 8-12 tahun) di Kota Bandung”

Wisudawan Terbaik Desain Komunikasi Visual

Nama mahasiswa: Tiffani Zeta D, S.ds

Setelah acara pelantikan para wisudawan, dilanjutkan dengan penandatanganan MOU antara STTB dan PT. Dirgantara Indonesia, Jasa Marga, dan Biofarma.

Setelah penyampaian pesan dan kesan dari perwakilan wisudawan, acara ditutup dengan menyayikan lagu “Bagimu Negeri” dan pembacaan doa.

SELAMAT PADA PARA WISUDAWAN STTB, SELAMAT BERKARYA MEMBANGUN BANGSA!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *